November 24

Untung Rugi Pakai Colocation Server

Seperti yang kita tahu, colocation adalah tempat/rack untuk menempatkan atau meletakkan server dalam sebuah data center. Sementara colocation server adalah sebuah layanan persewaan rack untuk menyimpan server pada suatu data center baca ini. Bagi teman-teman yang sudah tahu-menahu di bidang TI pasti sudah tidak asing dengan istilah ini. Tapi, apa saja sih keuntungan dan kerugian dari colocation server?

Keuntungan:
– Keuntungan terbesar dari colocation adalah biaya pada bandwidth sekitar $150-$200. Server tunggal yang harganya sama dapat ditempatkan di fasilitas colocation yang menyediakan kecepatan bandwidth tinggi dan redudansi yang baik untuk koneksi jaringan. Kamu bisa menyimpan dengan jumlah besar, jika menjadi satu-satunya akses jaringan.
– Memiliki perlindungan pemadaman yang baik. Generator cadangan itu masih belum cukup untuk menjaga server sepanjang waktu. Untuk itu, situs web akan diturunkan selama pemadaman. Penyedia colocation akan membayar pembangkit listrik dan listrik cadangan agar server tetap terlindungi.
– Mesin yang terlalu lambat atau memori sedikit hanya akan di upgrade servernya. Jadi, teman-teman tidak perlu menunggu penyedia untuk mengupgrade.
– Perangkat lunak server tidak harus bergantung pada penyedia hosting untuk menginstal software atau alat yang digunakan, karena itu bisa dilakukan sendiri. Jika kamu memutuskan menngunakan ASP atau ColdFusion kamu perlu membeli dan menginstal perangkat lunak.
– Kita bisa meninggalkan server dan berjalan sepanjang waktu, kita bisa meng-host domain sendiri. Kita pun harus membayar 2 garis untuk memindahkan domain ke lokasi baru atau berurusan dengan pemadaman sementara server untuk dipindahkan ke lokasi baru.
– Penyedia colocation akan memberikan keamanan tambahan pada mesinmu. Servermu akan disimpan dan dipelihara dalam lingkungan yang aman.
– Kebanyakan server colocation akan menawarkan pengelolaan dan pemeliharaan server tapi dengan tambahan biaya. Tentu ini menjadi sangat berguna ketika kamu tidak memiliki anggota tim IT atau kantor yang jauh dari provider.

Kekurangan:
– Penyedia colocation sulit ditemukan. Kamu perlu menemukannya di dekat kantor atau rumahmu, sehingga akan memudahkanmu mengupgrade dan menjaga server. Kecuali kamu tinggal di kota besar mungkinkamu akan terhubung dengan jaringan utama dan pilihan colocation tidak terlalu banyak.
– Colocation bisa lebih mahal dari web hosting. Ini berlaku ketika kamu mejaga dan mengelola servermu sendiri. Ketika kamu meningkatkan server kamu perlu membeli perangkat keras kemudian menginstallnya.
– Mengakses server fisik akan sulit, karena kamu harus melakukan perjalanan ke lokasi ke penyediaan colocationmu.
– Jika kamu pindah ke daerah penyediaan colocationmu, pindahkan servermu ke penyedia baru atau meninggalkan mereka atau membayar kontrak pemeliharaan.
– Adanya fluktuasi harga. Salah satu faktor tingkatan bulanan collocating server adalah jumlah data yang ditransfer melalui server per bulan, maka traffic yang terlalu besar dapat menyebabkan tagihan atau layanan melonjak.


Tags: , ,
Copyright 2019. All rights reserved.

Posted November 24, 2019 by admin in category "Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *